Pages

Thursday, November 29, 2018

Tips Mengerem di Jalanan Basah dan Licin

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang sehari-hari beraktivitas menggunakan kendaraan harus meningkatkan kewaspadaan terlebih saat musim hujan seperti ini. Pasalnya, jalanan yang basah dan licin meningkatkan potensi kecelakaan.

Menurut Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu, salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas saat hujan yaitu kurangnya pemahaman teknik pengereman yang justru bisa membuat ban jadi slip.

“Jadi kalau dalam masalah mau ngerem, lakukan pengereman ketika mobil sudah terkendali, atau sebelum mobil mendapatkan masalah. Kalau begitu slip langsung di rem, itu tambah melintir,” ujar Jusri kepada Liputan6.com, Kamis (29/30/2018).

Jika mengetahui kondisi hujan sehingga jalanan basah dan licin, ada baiknya kurangi kecepatan kendaraan.

Selain itu, sejauh mata memandang, pengemudi juga harus sadar dan mendeteksi genangan-genang air. Jika kendaraan melintasi genangan air, bukan tak mungkin ban akan mengalami aquaplaning atau hydroplaning.

Aquaplaing ini dapat membuat ban tidak mendapatkan traksi pada permukaan jalan atau posisi ban tak menyentuh aspal sehingga terlihat melayang di atas permukaan.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2AwQwEF

No comments:

Post a Comment