Pages

Sunday, March 31, 2019

8 Fungsi Otot pada Manusia yang Harus Kamu Ketahui

Liputan6.com, Jakarta Fungsi otot pada manusia pada umumnya adalah untuk melakukan sebuah gerakan dan juga membantu organ-organ lain dalam tubuh manusia untuk bergerak. Otot memang merupakan jaringan dalam tubuh manusia dan juga terdapat pada hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang. Otot akan menyebabkan pergerakan suatu organisme maupun pergerakan dari organ dalam organisme tersebut.

Pada manusia otot dibedakan menjadi tiga jenis yaitu, otot lurik, otot polos, dan otot jantung. Ke-tiga otot ini memiliki ciri-ciri dan juga fungsi yang berbeda-beda. Otot lurik memiliki bentuk yang efektif untuk bergerak secara spontan dan membutuhkan tenaga yang besar.

Otot lurik biasanya ditemukan di seluruh bagian tubuh bagian luar manusia. Otot polos lebih sering ditemukan di dalam organ pencernaan dan pembuluh darah. Otot polos bekerja dengan pengaturan dari sistem saraf tak sadar atau saraf otonom.

Yang terakhir adalah otot jantung. Otot jantung adalah jaringan otot yang terdapat di jantung, yang sistem kerjanya dipengaruhi oleh interaksi saraf simpatetik atau parasimpatetik yang bisa memperlambat atau mempercepat laju denyut jantung. Otot jantung juga tidak bisa dikontrol secara sadar.

Dari ke tiga jenis otot ini memiliki fungsinya masing-masing. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi otot pada manusia, berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa informasi mengenai fungsi otot dari beberapa sumber, Minggu (31/03/2019).

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2K6SZxV

No comments:

Post a Comment