Pages

Friday, December 28, 2018

[Cek Fakta] Hoaks Video Longsor Garut yang Beredar di Facebook

Video peristiwa longsor ternyata tidak terjadi di Garut, Jawa Barat. Peristiwa longsor itu terjadi di Junhong Road di Da'anshan Township, Distrik Fangshan, Beijin, China.

Fakta ini diungkap oleh akun facebook Jabar Saber Hoaks. Akun ini juga menampilkan akun yang pertama kali mengunggah video tersebut.

"Sampurasun Wargi Jabar. Telah beredar video longsor di WA dengan judul Garut Pamempeuk. Setelah JSH melakukan penelusuran, video tersebut adalah HOAX. Itu adalah kejadian longsor di Junhong Road di Da'anshan Township, Distrik Fangshan pada 11 Agustus 2018. #JabarHantamHoaks," tulis Jabar Saber Hoaks.

Sementara video tersebut ternyata berasal dari akun twitter @PDChina. Akun ini merupakan akun resmi dari People's Daily China, surat kabar harian di Republik Rakyat Tiongkok.

Dalam unggahannya, @PDChina memang menampilkan video kejadian longsor tersebut. Akun itu juga menerangkan lokasi longsor. Video itu diunggah pada 10 Agustus 2018.

"Alert! A landslide occurred at the Junhong Road in Da'anshan township, Fangshan district, #Beijing at around 8:30am (local time) on Saturday. The initial collapse is estimated to be 30,000 cubic meters. No casualties have been reported and the clean-up work is in process," tulis @PDChina.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita gak lengkap buka link disamping http://bit.ly/2ERQo7r

No comments:

Post a Comment